Selena Gomez ft. KYGO atau Shawn Mendes "Plagiat"?

2016 kemarin beberapa kelompok Selenators diluar negri mengklaim bahwa Body Say - Demi Lovato plagiat sebuah dari salah satu lagunya Selena Gomez, gue gak tau yang mana karena gue gak mendengarkan satu album full Revival. Tapi baru-baru ini Selena mengeluarkan single baru bersama dengan KYGO, itu single Joint yang artinya mungkin akan ada di list album kedua nantinya.

Gue bukan ahli dalam masalah musik dan berhubung semua musik yang ada di list pustaka gue itu netral... jadi walaupun gue gak suka dengan sang penyanyi, tapi kalau lagunya enak di dengar gue akan beli. Jadi gue gak bakal nge-one side Demi atau Selena di sini.

Okay balik lagi...
Jadi kemarin setelah nge-drop single baru, ada beberapa orang yang melakukan perbandingan antara, Single baru Selena Gomez dengan salah satu lagu Shawn Mendes yaitu Three Empty Words.

Video:

Perbandingan It Ain't Me VS Three Empty Words

Apa ini dinyatakan sebagai Plagiat?

Gue gak tau karena peraturannya berubah-ubah.


Gue tanya sama dosen gue tentang plagiat dan dia bilang jika 8 bar sama maka lagu udah dinyatakan plagiat. Tapi pada faktanya sekarang lagu yang udah mempunyai kemiripan sudah di anggap plagiat.

Demi Lovato juga pernah ngalami ini di lagu Stars pada album Confident, dia dituntut oleh salah satu grup tapi gue gak tau apa nama grupnya.

Sejujurnya kita gak akan pernah tahu apa lagu itu plagiat atau nggak, karena bisa saja nggak. Seperti lagu Mistake Demi Lovato yang ternyata sama dengan lagu salah satu grup k-pop, dan setelah diselidiki ternyata pengarang lagu itu memang menjual lagu ciptaannya kepada Demi dan grup itu.

Jika mau lebih manusiawi, kita bisa berpikir bahwa udah banyak karya lagu yang ada di dunia ini, jadi udah khilaf tuh  sama yang namanya nentuin insturment dan irama. Kesalahan ya pasti ada, memang udah susah di era kini.

Ada beberapa lagu populer yang ternyata terdengar sama dengan lagu lain, misalkan lebih ringannya kita ke Indonesia. Ada Isyana Sarasvati yang bagian lagunya menyerupai dengan lagu Maroon 5 yang Payphone. Ada Pusing Pala Berbie dengan All About That Bass. Kedua lagu ini populer dan kalian pasti juga muak dengernya.

Banyak lagu luar yang juga sama dengan lagu Indonesia, tapi pintarnya mereka bakal langsung bilang:

Lagu ini terinspirasi oleh lagu Indonesia. 

dan Indonesia dengan senang tersenyum, saking ramahnya gak mau minta bagi hasil penjualan. Pada nyatanya lagu Isyana dan Pusing Pala Berbie, bisa dimintai komisi penjualan oleh pihak Maroon 5 dan Meghan, tapi gue gak tau mereka minta atau nggak, ya kalau nggak Alhamdulillah aja.

Ini ada beberapa contoh lagu yang "sama":

  • Rihanna dengan FourFive Second yang mirip dengan Burnin' Up - Jonas Brothers:



  • Lalu ada One Direction dengan Steal My Girl di sini bagian Pianonya doang sih setau gue, videonya pernah beredar di yotube. 



  • One Direction (lagi) Best Song Ever dengan lagu opening CSI NY [ini sama intronya doang, tapi di CSI NY kedengeran di bagian belakang]:



  • Lalu One Direcction lagi, satu ini gue lupa di lagu apa, tapi kalau gak salah Taylor Swift.



  • Nathan Sykes - Over and Over Again dengan Coldplay - Clocks (Instrument awal Piano):




Tapi kembali lagi, apa semua ini bisa dibilang plagiat?

- Nggak...


Setahu gue yang Steal My Girl itu orang yang mainin instrument Pianonya ngebeli instrument lagunya, jadi gak ada masalah dengan copyright dsbg, tapi seinget gue dia merasa gak diberlakukan adil oleh pihak 1D jadi dia ngebocorin tentang instrument itu.

Terlebih kita nggak tau apa Sang Pembuat lagu, pembuat instrument udah minta ijin kepada yang berkaitan. Mungkin ia udah membeli instrumentnya, kita nggak tahu, maka dari itu gue selalu takut untuk bilang lagu plagiat. Kalau bilang film itu plagiat mah gampang dan gue rasa pembuat film pasti udah ngerti resikonya.

Karena pembuat film pasti membuat sebuah adegan dari inspirasi film lain atau adanya gambaran dari film lain. Intinya pembuat film pasti membuat film karena ada rasa kemauan, bisa saja dia abis nonton sebuah film favorite, jadinya ia ingin bikin film seperti itu. Terkadang scene dengan adegan sama di film bisa menjadi sebuah dedikasi, Seperti kita mengagumi seorang sutradara dan kita adopsi salah satu karya filmnya.

Tapi jika lagu, sang pembuat musik pasti gak bakal mendengar seluruh musik di dunia ini kan? Muak, muntah, gumuh, iya pastinya.

Jadi gue gak bilang bahwa lagu selena terbaru plagiat, gue hanya ingin memberi tahu kalian bahwa lagunya belum tentu plagiat. Gue takut kalian serang Selena di mentionnya, kasian juga kalau Selena cuma menyanyikan lagu terus kalian serang.

BTW segitu aja lah.

Komentar

Postingan Populer