Cara menghindari penipuan ketika membeli di ONLINE SHOP

Jadi begini,

Sebelum kita menujuu topik utama, mari kita kembali lagi menuju tahun 2019. Saat di mana saya membeli PS 4.

Singkat cerita. Saya sudah sangat ingin memiliki PS4 sejak SMA, terutama saya ingin merasakan main game Persona 5 yang merupakan alasan utama saya ingin beli konsol game terbaru dari Sony ini. Lalu, saya dapat membeli PS 4 Slim ini ketika saya kuliah dengan harga 4,2jt di Super-gameshop. Saya beli yang bundle (Detroit, God Of War, dan The Last Of Us Remastered Edition) serta dengan beli tambahan satu game, Horizon New Dawn: Complete Edition dengan harga 200k+

Jadi, sebelum saya beli PS4 saya mencari dulu tentang PS4, entah itu dari yang FAT, SLIM, dan PRO. Kemudian saya cari kekurangan dan keunggulan masing-masing dari produk yang ditawarkan oleh PS4. Setelah itu saya barulah mencari harga semuanya dari yang memang new dan second.

Rata-rata semua harga mesin PS4 itu 2jt sampai 3jt, yang membuat mahal hanya sticknya saja yang harganya bisa sampai 800k dan bahkan 1jt-an. Nah dalam mencari-cari harga ini, saya tergiur dengan tawaran harga di online shop yang ada di instagram. Namanya OPGAMING17 . Dia menawarkan harga PS4 Slim dengan harga yang lumayan dibawah standar penjualan dari SONY bahkan barang second. Seingat saya, harganya 1,2jt.

Jujur saya sangat tertarik dan sempat ingin mengirmkan pesan melewati DM kepada online shop tersebut. Tapi, saya untungnya gak langusng beli. Saya benar-benar menyediakan waktu seminggu untuk riset harga PS4 dan memperhatikan membeli PS4 yang pas untuk region saya (Indonesia termasuk region 3) . Saya mencoba untuk membandingkan dulu dengan harga tokopedia, shopee, Bukalapak, JD.id. Hanya saja karena saya lebih sering berbelanja melewati Tokopedia maka, tokopedia menjadi fokus utama saya... hanya saja harganya semua membuat saya patah hati. Mayoritas harga PS4 Slim incaran saya, 4,2jt sampai 5jt. Oh iya, saya belinya yang 1TB ya bukan 500GB.

Harga-harga yang memuncak hingga ke langit itu membuat saya pusing dan membuat saya kembali ke OPGAMING17, hingga akhirnya saya pada state di mana saya ingin membeli di toko itu. Akhirnya saya curhat dengan teman saya yang sudah beli PS4 lebih dahulu dari saya dan dia bilang, toko itu cukup mencurigakan, karena dengan followers yang begitu banyak, tetapi tidak ada komentar dan jumla likenya begitu dikit.

Saya akhirnya memberikan kesempatan untuk diri saya melakukan riset akan OPGAMING17 ini. Hingga setelah semua itu saya memberikan kesimpulan bahwa ini adalah toko penipu. Semua testimoninya bohongan dan sampai akhirny ada satu foto yang membuat saya lebih yakin. OPGAMING17 ini mengambil satu foto dari salah satu instagramuser dan penjual PS4 terpercaya bernama Ferry.

Nah... itu cerita singkat saya. Kini saya akan memberi tahu kalian gimana caranya agar kalian terhindar dari penipuan seperti ini.

1. Kalian harus mempunyai pengetahuan lengkap tentang produk yang kalian ingin beli, jika masih minim, kalian riset tentang produk kalian. Kenapa kalian harus melakukan ini? karena toko official sekalipun ada yang nakal, ada yang jual barang KW. Kalian gak mau uang udah keluar banyak tapi barang yang kalian punya adalah barang KW? Apa lagi jika barangnya elektronik seperti PS, XBOX, Switch, iPhone. Kalian harus ngerti benar-benar tenga spec, software, garansi, dan terlebih yang paling penting adalah jasa servis. PS4 kalau kalian salah beli region, kalian gak akan bisa servis PS4 kalian di region kalian. Misal kalian beli Region 2 dan Indonesia itu Region 3, maka kalian gak bisa servis di region 3. (ini dari hasil riset yang saya dapat dari internet).

Jadi kalian gak boleh buta banget dengan produk incaran kalian.

2. Riset tentang toko yang menjual produk incaran kalian. Di sini jangan liat harga dulu ya... tapi coba baca background toko. Kalau di online akan lebih gampang. Kalian baca review, liat foto produk yang sudah sampai ditangan pembeli. Saya waktu riset tentang toko, saya membandingkan tiga toko ini: Super-Gameshop, PS Enterprise, Draquli. Karena yang lebih dekat dengan kampus saya waktu itu adalah SuperGameshop, jadi fokus utama saya adalah toko itu. Saya seminggu memantau super-gameshop sebelum kepincut dengan OPGAMING17.

3. Pastikan tokonya mempunyai alamat toko offline. Memang banyak toko yang jualannya hanya Online, tetapi untuk beli barang-baranng yang sangat riskan, yang sangat fragile, saya lebih menginginkan untuk beli di toko langsung. OPGAMING17 pernah menyebar alamt toko mereka. Letaknya kalau gak salah di Sukoharjo dan Super-Gameshop itu di Mangga Dua, Jakarta Pusat. Nah, alamat mereka ini saya gunakan untuk mencarinya ke google earth. Iya... saya sampai segitunya. Kenapa saya melakukan ini? agar kalau produk datang dan ternyata cacat saya bisa langsung datang ke tokonya. Tapi pada kasus saya, PS4 saya berfungsi normal dan saya memang langsung beli di tokonya.

4. Riset harga. Ini penting loh. Pertama yang harus kalian riset adalah harga officialnya, bukan harga dari toko yang kalian incar, lalu coba kalian bandingkan lagi dengan harga internasional. Biasanya kalian coba cari di Amazon gitu. Setelah itu baru kalian riset harga di Indonesia (sesuai daerah kalian tinggal). Nah, waktu itu saya kan datang ke toko langsung di saat saya sudah riset tentang harga di tokopedia toko yang bersangkutan itu. Saya beli kaset Horizon saat itu dikasih harganya 300K dan saya dengan polosnya bilang "Oh, tapi kok harga di Tokopedia 285K?" nah akhirnya saya dapat potongan tuh untuk beli kaset Horizon.

5. Tokoshop online: jika kalian ingin beli online di instagram atau manapun, selain baca review, kalian juga riset silang. Cari tahu apa toko itu mempunyai profil lain di situs lain. Misal, kalian liat toko A dari situs Tokopedia, coba cari toko A itu di Bukalapak dan lihat reviewnya lagi. Dulu saya nemu satu toko yang bagus sekali di tokopedia, tetapi pas saya cari di bukalapak, toko itu gak mengirmkan pesanannya hingga akhirnya si toko di blacklist. Jadi tahap ini jangan dilupakan.

6. Instagram. Saya gak pernah percaya lagi dengan toko instagram semenjak OPGAMING17 itu, walau saya belum beli, tapi saya merasa dibohongi. Jika kalian ingin beli barang lewat instagram, jadilah pembeli yang galak dan bersiaplah untuk memposisikan diri kalian lebih pintar dari penjual. Sebenarnya profil penjual yang suka menipu sudah terlihat kasat mata banget, cuma harga yang turun drastis membuat kita tergiur dan buta.

Tips ini, kalian lakukan jika sudah melewati tahapan di atas semuanya ya. Kalian sudah riset lalu menemukan toko di instagram yang ternyata memasang harga lebih murah (walau bukan lagi musim diskon).
  • Lihat seluruh foto secara detail, perhatian bagian-bagian yang menurut kalian bisa di editing sama toko tersebut. Seperti tag pada foto, struk ATM, chat di WA atau lainnya.
  • Perhatikan komentar dan jumlah like, jika kalian melihat gak sebanding dengan followe mereka, ya tinggalkan.
  • Jika kalian masih bandel dan kekeh mau beli barang dari sana. Save salah satu fotonya dan lakukan pengecekan di google image. Jika menemukan gambar yang serupa tetapi beda user. Maka tinggalkan toko dengan segera.
  • Jika masih bandel lagi dan kalian ingin beli dari sana, DM orangnya tanya basa-basi terlebih dahulu, usahakan terlihat friendly. Sampai akhirnya kalian juga nanya secara serius dan tegas. Seperti minta foto kondisi barang. Tapi jangan percaya dulu. Save fotonya dan cari lagi di google image. Jika ada yang sama sudah tinggalkan aja.... hanya saja jika kalian kini merasa senang dan ingin melakukan permainan detektif dan melanjutkan introgasi dadakan kepada penipu tersebut. Minta kirimkan video sambil meminta nama kalian disebutkan dan nama produk yang kalian inginkan. Minta mereka juga untuk menunjukkan wajah, agar kalian bisa melihat gerakan bibir mereka, apakah sama dnegan audio atau tidak.
 7. Bekali diri kalian dengan pengetahuan akan proses hukum dan tentunya cara melacak cybercrime. Untuk berjaga-jaga jika kalian kena tipu. Karena datangnya musibah tidak ada yang tahu kapan, terkadang sudah sedetail apapun kita masih suka kecolongan.

8. Untuk menghindari itu semua ada cara paling efektif. Tanyakan kepada diri kalian, apakah produk yang kalian inginkan berguna untuk diri kalian. Saya beli PS4 karena saya sadar akan waktu saya untuk jalan-jalan keluar sudah tidak sebanyak saat saya sekolah. Kewajiban saya untuk kuliah, bikin laporan sana-sini, magang, membuat saya stress dan PS4 menjadi pelampiasan saya untuk mencari hiburan gratis walau di awas saya harus nabung mati-matian tapi terbayarkan.

Jika kalian menginginkan sebuah produk hanya untuk flexing, bergaya, pamer, mendin urungkan niat kalian saja. It's not worth it dan menurut saya dari semua cara di atas ini adalah yang paling ampuh.

Jadi semua... selamat mencoba tips and trick ini. Semoga berguna kedepannya.


Di bawah ini akan saya berikan tempat jual PS4 serta aksesorisnya yang aman dan terpercaya:
- Super-gameshop
- PSEnterprise
- Draqulli

Dan ini adalah OPGAMING17 yang melakukan penipuan serta fakta-faktanya:
- OPGAMING17
- Recipt:
  • https://www.youtube.com/watch?v=HTmjyV731-Y  
  • https://www.youtube.com/watch?v=sz6yzAt6fGc 
  • https://www.kredibel.co.id/reviews/account/NzAyMg-review-1029081518%22 
Daftar toko online yang melakukan penipuan: Toko Online Penipuan



Komentar

Postingan Populer