Tips, Trick, dan juga perbandingan untuk Persona 5 (Vanilla) vs Persona 5 Royal

Siapa sih yang gak tahu seri game Atlus, yaitu Persona? Sampai saat ini persona sudah berada lima series dan empat sebelumnya masuk dalam kategori game Shin Megami Tensei, hanya saja untuk beberapa alasan tersendiri Persona 5 keluar dari SMT Universe.

"Terus kalau keluar gimana dong serinya?" 
Tenang aja, seri Persona tetap lanjut seperti biasa. Mereka tetap melanjutkan cerita yang sambung-menyambung dari seri sebelumnya, jadi kalian gak perlu takut bahwa cerita Persona 5 putus dan berbeda dari seri-seri Persona milik Atlus sebelumnya.

Lalu, post ini untuk apa? 

Post ini bertujuan untuk memberikan perbandingan dan tips serta trik buat kalian dalam melakukan perjalanan di game ini. 

Ya... gue tahu bahwa game ini udah keliar lama dan buat versi Royal juga udah keluar beberapa bulan yang lalu, tetapi gue mau aja share ini kepada kalian karena menurut gue ini game perlu kesabaran dan kepintaran sendiri dalam menyelesaikannya. 

Persona 5 (Vanilla) dan Persona 5: Royal mempunya basic cerita yang sama. Bercerita tentang Ren Amamiya/Akira Kurusu yang tersandung kasus kekerasan walau sebenarnya dia tidak bersalah. Ujung-ujungnya Ren Amamiya bertemu lagi dengan masalahnya yang di awal. Hanya saja bedanya kalau di Royal, terdapat confidant baru atau bisa kita sebut sebagai "sahabat" baru yang harus kalian max-in jika mau dapat good ending-nya Royal. Sahabat baru kalian adalah:

- Akechi (Justice)
- Kasumi (Faith)
- Maruki (Councillor)

"Loh, Akechi kan udah ada di Persona 5 vanilla!"

Iya... benar, doi sudah ada tapi untuk naikkin confidantnya, itu sudah terjadi secara otomatis jika di Persona 5 Vanilla. Untuk Royal berbeda, otomatis dan manual. Untuk rank 1-8 Akechi akan terbuka saat kunjungan ke stasiun televisi hingga misi Sae Niijima dan 9-10 akan naik secara otomatis di misi Shido. 

Lalu Kasumi dan Maruki adalah tokoh baru yang menjadi spotlight dari Royal. Mereka ini penting secara cerita (karena untuk ending) dan secara battle. Karena setiap kalian hangout sama mereka, apa lagi di awal game, kalian akan dapat tambahan 5 HP (jika hangout dengan Kasumi) dan 5 SP (jika hangout dengan Maruki), setara kayak kalian nge-gym dengan tambahan protein kan? Hahahaha

Maruki dan Kasumi akan ada setelah kalian menjalani atau selesai misi palace Kamoshida. Sebelumnya jika di Persona 5 Vanilla confidant awal masih ada Ryuji, Takemi, dan Ann, kini di Persona 5: Royal ada tambahan Kasumi dan Maruki.

Tambah pusing deh naikin confidant, apa lagi kalau kalian belum NG+ , semua social stats seperti guts, proficiency, charm, knowledge, dan kindness pasti masih amburadul rank-nya. Tapi tenang aja, gak lama lagi gue mau ngasih saran untuk main game Persona 5 Royal buat kalian

Jadi untuk Persona 5 Vanilla, saran gue gak banyak. Berlabuhlah kalian ke Royal, di sana kalian lebih dimudahkan dan manusiawi banget, walaupun rasanya mustahil karena confidant lebih banyak dari sebelumnya. But... gue saranin mendingan kalian berlabuh ke Royal. Save data kalian bisa diimport kok ke Royal jika beli game atau disc-nya sesuai dengan Region dan profile kalian... .

Karena Persona 5 vanila gue region 3 dan Royal gue region 2, maka gue harus ngulang Royal dari awal. Membangun social stats lagi. Cuma, gampang banget naikinnya, karena akses buat kalian naikin social stats juga diperbanyak. Selain itu kalian dapat expansion pack DLC yang bisa kalian download secara gratis di Playstation Store. Jadi kalian gak perlu takut ketinggalan pre-order dan gak dapat DLC, karena ada DLC gratis yang disediakan Atlus buat kalian. Isi DLC-nya adalah:
- Skin  Kostum. Ada baju dari Persona 1 s/d Persona 4
- Ada aksesori yang sangat-sangat penting dan menurut gue yang penting adalah Money boost, serta EXP +15% 
- Beberapa Persona yang OP dan bisa kalian beli seharga 0 yen di Velvet room.
- Jika kalian mau mengeluarkan uang 200k, kalian bisa beli DLC lain yang isinya cuma Persona doang. Persona itu adalah Izanagi No Okami dan Izanagi No Okami-Picaro. Di mana kedua persona ini OP banget. Gue beli DLC ini dalam bulatan poundsterling ya karena itu tadi, gue beli Persona 5 Royal ini di region 2, jadi harganya kalau di IDR 200k (karena gue harus beli voucher 10£ dan untung aja itu DLC lagi diskon)

Ok, jadi kita mulai aja deh ya. Semoga bagi kalian yang tetap kekeuh buat memainkan yang Persona 5 Vanilla, semoga ada tips dan trick yang dapat membantu kalian juga.

(DISCLAIMER: Gue memberikan tips ini ada yang sebelum NG+ dan ada yang sesudah NG+ , jadi jika kalian bingung gak bisa naikin sesuatu confidants atau fusion Persona... kalian gak perlu khawatir bahwa kalian melakukan kesalahan. Kalian cuma belum main di NG+ aja)

Tips & Trick:
1. Hari pertama main a.k.a kalian udah sekolah, udah masuk Palace Kamoshida. Coba mulai-mulai bantu Sojioro (gue lupa apakah di persona 5, Sojiro sudah bisa dibuka di awal game atau tidak, tapi di Persona 5 Royal, sudah bisa) kalau ada ketentuan khusus buat deketin Sojiro (biasanya disuruh naikin kindness ke level tertentu dan charm) pada Persona 5 Royal kalian bisa nge-pel LeBlanc dan bakal dapat tambahan +1 untuk kindness. Kalian gak perlu, manyun (kok cuma 1) karena gue bilang di Royal, social status gampang banget naik. Kalian bisa lakukan ini didampingi dengan membaca buku di perpus Shujin dan lain-lainnya. Untuk charm bisa kalian lakukan dengan menyisihkan waktu mandi di pemandian hari panas setiap hari Minggu untuk +3 dan hari biasa kalau hujan.

2. Confidant: Kalian harus mementingkan confidant awal tim kalian dari confidant manapun bahkan Akechi, Maruki, dan Kasumi sekalipun, walau di antara confidant baru ini, yang lebih ngeselin adalah Maruki, kenapa? Karena dia kunci kita buat good ending Persona 5 Royal dan dia udah mulai ngeganggu gue sejak palace Kamoshida selesai. Di awal game gue selalu naikin Ryuji dulu, why?? Biar bisa dapat stealth kill dan insta-kill (pada Rank-7). Kedua ini sangat-sangat penting dalam game Persona 5 Royal dan Vanilla. Loh kok gitu? 

Kalian pernah lagi lari nge-dash terus ketemu musuh dan musuhnya gak notice kalian cuma timbul tanda tanya aja di atasnya atau notice tapi kalian keburu tabrak dan ngalahin shadow secara langsung? Iya... itu keunggulan dari confidant Ryuji. Tapi tergantung level juga sih buat insta-kill ini. Jika level kalian sudah di atas 5 level atau 10 level musuh, kalian bisa melakukan ini. Di tandai dengan aura hijau ketika kalian mengaktifkan third eye dengan tombol L2. Kemampuan ini juga berlaku di mementos. 

Setidaknya, kalian harus naikin Ryuji hingga rank 7. Jangan pernah nolak invitation Ryuji sebelum kalian berada di rank 7 karena ada misi penting antara kalian dan Ryuji nantinya, yaitu nguntit pelatih track-team baru dan sepertinya juga untuk unlock ini kalian perlu menyelesaikan Palace Kamoshida terlebih dahulu. 

Awal game, gue gak bisa max semua confidant tetapi setelah memulai NG+ dan social stats gue tinggal menuhin Proficiency serta Kindness, gue akhirnya beneran bisa max semua confidant. Tips gue yang mungkin bisa kalian pakai untuk naikin confidant adalah: 
1. Always, Ryuji number one barengin atau imbangi dengan Ann atau Maruki dan Kasumi. Di sini kan ada confidant lain (untuk siang hari, yaitu Taekemi) kalian naikin aja pelan-pelan. Gue max Takemi pas palace-nya Kaneshiro (misi Makoto Niijima)  

2. Kalau kalian sering mengkoleksi persona dan fusion persona, kalian bawa persona buat bantu kalian naikin confidant. Tetapi tentu, personanya dengan Arcana yang sesuai seperti confidant kalian. List-nya ada dibawah dan sesuai tempat mereka hang-out:

Pagi (utama):
• Ryuji (Chariot) Tangga sekolah & Arcade di Central Street.
• Ann (Lovers) Naikin kindness dulu hingga level 2, Ann hangout di Underground Mall
• Yusuke (Emperor) Naikin proficiency dulu, Yusuke hangout di Underground Walkaway
• Makoto (Priestess) Naikin knowledge, dia hangout di sekitaran ruang osis, perpus, dan kalau libur ada di depan sekolah.
• Futaba (Hermit) Naikin kindness. Dia ada di depan LeBlanc.
• Haru (Empress): Naikin charm hingga Max. Dia ada di rooftop sekolah.

Pagi (Sampingan)
• Shinya (Tower) jukukannya King dan dia adanya di gigolo arcade pada Akihabara. Butuh kindness buat hangout bareng kalian. Jika sudah max dengan dia,  Shinya akan membuka kunci buat Persona Yoshitsune. 
• Kasumi (Faith) Di awal dia cuma 5 point tapi kalau kalian berhasil max Maruki dan Akechi, dia akan jadi 10 point lagi buat max. Nah 3rd Semester ini fungsinya hanya buat Kasumi semata dan juga bangkitin 3rd Persona tim kalian (termasuk doi dan juga Akechi) oh ya untuk dapetin showtime Kasumi dan Joker, bawa Kasumi ke mementos.
• Maruki (Councillor) Harus Max jika mau dapat good ending. Ngebuka persona bernama Vou Manah
• Takemi (Death) (Non-Romance)  Harus ada guts dan charm buat hangout sama doi. Kalau max kalian bisa dapatin setengah harga SP Adhesive

Perjalanan kalian buat naikin ini kayak gini ya:
- Palace Kamoshida dan Madarame: utamain Ryuji hingga Max selagi tetap nyicil Ann dan Takemi pelan-pelan. Takemi bakal berhenti naik di level tertentu karena butuh rank tertentu social stats Charm. Selingi hang-out dengan Kasumi atau Maruki, jika jadwal confidant ini tabrakan dengan Ryuji, kalian terobos dan tingkatkan Ryuji aja. 

- Palace Madarame dan Kaneshiro: Seharusnya ketika menunggu Madarame pulih setelah kalian curi treasure-nya, kalian sudah max Ryuji. Jadi di sini fokus kalian adalah Ann, Maruki, Takemi dan Kasumi. Di sini belum bisa Yusuke. Dia bakal tersedia confidant-nya setelah Madarame confess ke publik. Nah, karena di misi sebelumnya kalian sudah nyicil Ann, di sini kalian tinggal lanjutin aja deh. Jangan lupa bawa Persona dengan Arcana Lovers, biar cepat naiknya.Oh ya, karena Ann gampang... kalian bisa tiban Ann dengan Maruki, Kasumi, dan Takemi jika waktu confidantnya barengan gitu. Ann bakal max di pertengahan mau ke misi Kaneshiro. Setelah Ann max, kalian lanjut ke Yusuke.

- Palace Kaneshiro dan Futaba: Kalian masih naikin Yusuke di sini, ingat antara Makoto dan Yusuke pentingin Yusuke. Dua-duanya butuh social stats tertentu buat kalian hangout bareng dengan mereka, tapi menurut gue Yusuke paling gampang. Bawa terus Persona dengan Arcana Emperor ketika bersama Yusuke. Kalau knowledge kalian sudah memadai, kalian bisa hangout bareng Makoto. Tapi gue ingetin lagi, Yusuke paling penting. Barengin juga hangout dengan Kasumi, Maruki, dan Takemi. Makoto sama halnya seperti Ann, kalian cicil aja.

- Palace Futaba dan Haru: Kalian di pertengahan Palace Futaba seharusnya dah selesai dengan Yusuke. Lanjut naikin Makoto selagi kalian nunggu Futaba buat bangun dari tidurnya. Di sini Makoto aja kalian naikin barengan dengan Kasumi, Maruki, dan Takemi. Seharusnya di sini juga status kalian sudah max dengan Kasumi, secara di awal game dia cuma butuh 5 rank hingga Max.

- Palace Haru dan Sae Niijima: kalau kalian belum Max Makoto di palace Futaba. Kalian bisa sampai Haru, batasnya sampai Palace Haru aja. Lebih dari itu, confidant kalian bakal amburadul. Seharusnya juga di sini kalian sudah level 7 buat Maruki, karena sebelum Palace Shido, Maruki harus sudah level 9. Pada Palace Haru kalian naikin Futaba dan Haru bergantian. Di antara dua ini, yang paling ngeselin adalah Futaba karena dia banyak maunya selain charm kita harus tinggi buat hangout sama mereka berdua. Tapi Haru dilain sisi sangat mudah buat Max, bahkan sesudah Shido. Oh ya... di sini kalian barengin dengan confidant Shinya di Akihabara, dimana kalau max sama dia bakal dapat membuka persona Yoshitsune (Tower)

Kalau kalian ikutin saran gue, niscaya semua confidant bakal Max.

CONFIDANT MALAM, confidant yang agak nyusahin dan bikin mikir. Tapi gini aja ya... gue ngasih Confidant dengan Arcana dan seterah kalian mau naikin siapa duluan di game-nya, tetapi gue bajal kasih saran. Tentu, beberapa confidant malam ada yang membutuhkan social stats tertentu. Tapi waktu game pertama gue cuma naikin beberapa aja, ada yang mau gue naikin tapi gak bisa waktu pertama kali main.

- Iwai (Hanged) airsoft, harus ada guts.
- Yoshida (Sun) dia bisa naikin charm kalian +3 dan untuk bertemu dengan dia, kalian harus kerja di Beef Bowl dulu.
- Mishima (Moon) dia nongkrongnya di Central Street, kemudian di Shinjuku, kemudian di Akihabara.
- Akechi (Justice) dia nongkrongnya di depan Darts and Billiards, bakal berhenti di palace Haru atau level 7, karena Akechi bakal lanjut bisa kalian naikin confidantnya di palace Sae. Seperti yang gue bilang, Akechi mostly naiknya manual dan otomatis cuma di Palace Shido, yaitu level 9 dan 10. Akechi harus max bagaimanapun juga karena dia bakal penting di akhir cerita.
- Hifumi (Star) dia perlu charm yang tinggi buat hangout. Kalau hangout, kalian bisa dapat knowladge +2 sampai +3. Hifumi penting karena dia bakal unlock Lucifer, salah satu bahan buat crafting Satanael.
- Ohya (Devil) dia perlu charm juga kalau gak salah. Jika Max sama Ohya, presentase musuh tahu keberadaan kalian bakal diperkecil.
- Chihaya (Fortune) jika max sama doi, kalian bakal bisa mendapatkan reading claestial, di mana ini bisa trigger Red Alert buat mementos atau palace. Ini trait khusus Persona 5 Royal. 
- Takemi (Death) (jika kalian nge-omance relation) 
- Kawakami (Temper) butuh guts buat hangout sama doi. Kalau max, kalian bisa dapat request doi secara gratia buat mijat kalian setelah pulang dari metaverse. Jadi kalian bisa hangout pas malam hari.
- Justine & Caroline: nemenin mereka keluar dari velvet room biar dapat skill card gratis.

Untuk game awal, gue saranin confidant malam yang kalian max-in adalah: Akechi, Yoshida, Hifumi, Chihaya, Kawakami, Mishima dan Justine Caroline. Kenapa sih? 
Hifumi bisa buat kalian kabur dari battle dan mengganti party pas lagi battle. Chihaya, membantu kalian dapat red alert setiap kill 1 atau 2 shadow. Justin Caroline bisa memberikan kalian kartu skill yang berguna banget. Mishima, biar party yang gak ikut battle tetap dapat exp, kalau udah max mereka bakal dapat 100% exp jadi setara kayak mereka ikut battle atau party sama kita. Yoshida, fungsinya biar kalian bisa menang terus dalam berbicara sama wild persona di Palace atau mementos yang kalian serang weakness-nya.

Tapi ini prefensi gue aja. Semua balik lagi ke kalian.

Di atas gue juga menyebutkan, "Bawa persona sesuai Arcana confidant kalau mau hangout" ini biar apa? Biar kalau misalnya confidant kalian berhenti Up!!! (Terjadi sama Iwai, Yusuke, Yoshida, Chihaya, Ohya, Takemi) kalian gak dimintain hadiah buat strength bond. Kejadian ini agak jarang di Persona 5 Vanilla, tapi di Royal ini udah terbukti. Kalian beli aja persona di compendium kalian yang harganya 1000 atau 2000an tapi mewakilkan arcana setiap confidant, itu udah cukup.

Ini bukti, kalau gue udah Max Ann, Ryuji dan Yusuke di palace Kaneshiro, serta Makoto juga tinggal naikin beberapa point lagi:
Nah, ini Persona yang gue bawa sesuai Arcana confidant yang mau gue naikin. Arcana World jika kalian gak beli DLC, gak ada ya: 

3. Misi setiap Palace dan Mementos: Di sinilah kelebihan DLC Persona 5 Royal gratis kalian ambil. Gue pakai +15% exp untuk Ren, Ryuji dan Ann. Sedangkan Morgana, gue pakein aksesori Money Boost (untuk Money Boost gak bisa di-stack ya, cuma satu anggota party yang pakai)  Aksesori ini bakal bikin kalian cepat naik level dan memperbanyak uang kalian. Ketika di Palace Kamoshida, usahakan untuk mendapati seluruh Persona. Kalau gak salah pada Persona 5 Royal kan ada Berith, Kelpi, Silky, Incubus, Cu Sith, Jack o Lantern, Eligor, Archangel. Kenapa gitu??? Biar kalian memperbanyak persona compendium kalian, plus kalian bisa fusion Persona baru dan bakal gampangin kalian buat jalanin request twins wardens a.k.a Justine dan Caroline di misi berikutnya.

Oh ya, usahakan juga kalian nyelesain misi Palace maksimal 3 hari dan Mementos sehari selesai (misalnya kalian selesain lantai tertentu sampai end, jangan ditanggumg-tanggung), kenapa? Biar ada waktu buat kalian menyelesaikan confidant. Jalanin misi palace bakal gampang banget kalau kalian download DLC free ataupun berbayar. Sebelum beli DLC yang Izanagi No Okami, gue pakai Messiah. Boros SP? Tentu... tapi karena setiap giliran Messiah juga ngembaliin HP dan SP, jadi ter-cover. Gue ngalahin Kamoshida dengan Megidolan. Pokoknya Ryuji dan Ann tugasnya adalah nge-buff gue dan de-buff musuh.

Lalu, mainnya jangan di mode Merciless langsung. Efeknya sama aja, kalian dapat EXP segitu juga dan gak enaknya musuh makin tebal darahnhya. Kalian main mode normal aja dulu atau hard jika mau agak susah. Tapi jangan Merciless.

Kemudian usahakan juga membuka semua treasure serta ngambilin barang-barang. Dari semua barang yang perlu adalah silk yarn, di mana ini bisa kalian gunakan buat bikin Perma-lock pick.

Selanjutnya, kalian koleksi semua Will Seed. Selain dapat menambah sedikit SP kalian ketika mengambil Will Seed, ini benda juga bisa memberikan passive spesifik atau skill spesifik. Untuk Kamoshida, Will Seed akan transform sebagai skill buat healing (Seeprti Diarahan)

Di mementoa kalian juga bakal dapat misi dari anak bernama Jose buat ngumpulin bungan dan stamp. Ngumlulin stamp agak susah karena kalian benar-benar harusbulak balik setiap level lantai di tempat tertentu. Guide gue dalam ngoleksi stamp dan juga apa aja yang harus dinaikin kalau kalian ngoleksi stamp adalah setiap jalan di mementos selalu pencet tombol L2, kalian bakal terbantu kalau confidant Futaba sudah sampai skill scan mementos.  Jika dapat stampt, kalian naikin EXP dan Item aja dulu sampai full. Money agak gak berguna. Item dan EXP bakal 200% kalau full gitu apa efeknya?

Buat EXP tentu akan nambah EXP kalian dan buat item, kalian tahu yang kotak melayang di jalanan mementos?? Nah biasanya kalau kalian collect iti kotak dapatnya 1 item, kalau max 200%, kaliam bakal dapat 12 items dan kalian bisa nemuin Soul Food di item itu. Jadi enakkan???

4. Fusion: Seperti yang gue bilang di atas, rajinlah koleksi persona ketika kalian datang ke mementos atau Palace. Kalau kalian udah rank 7 dengan Ryuji, ini misi gampang banget. Kalian tinggal nabrak shadow dan mereka bisa jadi persona kita ototmatis (persona baru dapat masuk ketika ada slot kosong pada diri kalian) Fusion persona apapun untuk awal-awal... tetapi harus kalian ingat,  request milik Justine dan Caroline itu lebih penting. Requestnya adalah 10 persona dengan kemampuan yang berbeda dan mereka yang nentuin. Ketika kalian max dengan twins, kalian bakal dapat keuntungan istimewa seperti dapat beli persona yang levelnya lebih dari kita, bisa melakukan Gallows di mana sangat penting jika kalian ingin membuat status persona kalian jadi 99 max. 

Kemudian juga rajin-rajinlah fusion lewat internet (Public excecution). Ini terbuka pada confidant Igor (fool) keberapa gitu. Ada 3 skill passive langka yang kalian bisa dapatkan dan jaga sebaik mungkin di sini, yaitu: magic skills, Almighty Amp, dan Almighty Boost. 

Biasnya untuk dapat 3 skill passive itu kalian perlu ngrobanin persona lv.40 kalian, tetapi semua cuma keuntungan aja sih. Biasakan juga untuk fusion persona ketika ada red alert, biar hasilnya lebih bagus. 

Ini adalah hasil gue fusion persona dan gallows persona ketika red alert dan juga lewat public excecution:

Pixie, yang sebelumnya passivenya cemen sekarang ada almightynya gitu, kenapa??? Biar gue bisa turunin skill passivenya ketika fusion. Bikinnya agak susah sih, karena harus reverse fusion dari Satanael. Biar bisa nurunin skillnya ke pixie. 

Nah penjelasannya gini ya:
- Pixie dipakai buat gallows dan juga fusion
- Roul (Persona DLC berbayar) gue gunakan buat ngelawan Lavenza. Buat ngasih Lavenza efek bobo atau rage gitu.
- Fafnir gue pakai sebagai tank dan juga buff
- Satanael gue pake buat Walkthrough NG+ pertama kali. 
- Izanagi no Okami Picaro (DLC berbayar) gue gunakan sebagai main persona. Buat ngalahin The Reaper, Twins Wardens, Jose, dan Lavenza (karena serangan almightynya gede banget, bahkan kalau kalian gak punya passive dan stats persona max kayak punya gue) 

buat DLC berbaya gue pakai di NG+ ke-3 gue dan kini gue sedang berada pada 300h lebih main Persona 5 Royal, tujuannya? Ngejar thropy, ahahahahaha.

5. Naikin social stats: Ini bakal jadi yang paling pendek sih gue nulisnya. Pertama rajin nge-pel di LeBlanc, ke dua atur jadwal ke pemandian air panas. Baca buku, nonton film, game, kalau ada confidant datang ke LeBlanc di invite jangan diabaikan dan buat infiltration tool sangat penting. Rajin-rajin ke confidant yang naikin sesuatu tanpa basa-basi, seperti Yoshida, bisa naikin charm. Rajin juga ke Chihaya buat melakukan reading.

6. Nge-gym jika ada waktu senggang. Biar HP dan SP kalian nambah dan diakhir game bisa jadi 999. (Sorry fotonya lewat kamera bukan ss)

Ini level 77 bukan karena gue ada di Palace Shido, gue ada di Palace Futaba dan kenapa bisa lv.77 karena gue udah lawan The Reaper 4 kali. Persona yang gue pakai, Izanagi no Okami Picaro dan Fafnir, tujuannya biar apa? Agar si Reaper cuma ngeluarin Megidolan aja, di mana gue kena damage Megidolan gak bersama sama sekali. 

Kemudian gue juga udah melawan Twins Wardens, gue pakai hal yang sama. Izanagi dan Fafnir. Party-nya Makoto, Ryuji, Ann dengan aksesoris yang gue dapat dari Will Seeds gue pakai semua kemereka.

Ngelawan The reper, Twins dan Lavenza bakal susah di game pertama, jadi jangan coba-coba. Apalagi kalau belum ada persona yang kuat banget buat ngalahin mereka.

7. Rajinlah datang ke Temple, Dart and Billiars, serta Jazz Club. fungsnia naikin SP, naikin baton pass, naikon tehcnical damage, dan naikin stats, skill, hp/sp team kalian. Untuk tanggal spesifik, ketempat Jazz Club  bisa dilihat guidenya di Internet.

8. Jangan malu pakai guide internet. Ini mempermudah kalian dalam naikin confidant dan melewati palace. 

Menurut gue tips dan trick-nya segitu dulu. Mungkin lain waktu gue bakal bahas cara ngalahin Lavenza. Karena untuk ngalahin twins wardens gue cuma butuh Fafnir dan Izanagi, jadi agak gak seru kalau dibuat pembahasannya.

Komentar

Postingan Populer